Apakah “Pasal Lapindo” Titipan Golkar?


Sepertinya DPR dan masyarakat “kecolongan” mengenai masuknya ‘pasal Lapindo’ di UU APBN-P 2013. Sementara media massa ramai mempertontonkan soal voting untuk mengesahkan APBN-P pada senin kemarin yang dikaitkan dengan kenaikan harga BBM, tetapi di lain sisi, perhatian masyarakat dan kubu oposisi teralihkan dari masuknya pasal 9 UU APBN P 2013 yang memang memuat sejumlah nama tempat di seputaran kawasan semburan Lumpur Sidoarjo. Padahal tak semestinya UU APBN menyebut sesuatu sedetil itu seperti pasal Lapindo tersebut, sedangkan dampaknya adalah penanganan ganti rugi korban lumpur Lapindo menjadi sepenuhnya ditangani APBN negara.

Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung yang berasal dari PDI-P menegaskan, dirinya baru tahu ada pasal tersebut pada proses lobi jelang voting saat rapat paripurna tanggal 17 Juni kemarin. Perlu diketahui bahwa bantuan penanganan lumpur lapindo sendiri terhadap BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo), telah menghabiskan dan mencapai sekitar 3 Triliunan.

“Saya baru mengetahui itu ketika di forum lobi. Sumpah demi Allah saya berani, saya baru tahu ketika di forum lobi,” kata Pramono. Inilah juga dicurigai oleh Wakil Ketua DPR dari PKS Sohibul Iman karena tidak ada UU sampai demikian detil, apalagi APBN-P, yang menyebut nama-nama desa dan kelurahan karena seharusnya perkara sedetil itu ada di Peraturan Pemerintah.

Apakah di sini ada peran Golkar yang bermain? Jawaban ARB adalah tidak ada deal atau kesepakatan tertentu. Akan tetapi apakah rakyat bisa percaya. Pantas saja ketika voting kemarin posisi Golkar sangat menentukan. Ingatkah Anda pada voting di kasus Century yang memenangkan Opsi C beberapa tahun lalu? Waktu itu tampak jelas ketika Golkar berseberangan dengan Demokrat dan partai Koalisi lainnya, justru kekuatan oposisi demikian kuat. Demikian pula dengan voting soal RUU APBN-P kemarin. Posisi oposisi yang digawangi PKS, PDIP, Hanura dan Gerindra menjadi jomplang terhadap kubu pendukung pengesahan UU APBN-P tersebut.

Sejatinya memang benar Golkar termasuk dalam setgab koalisi, tapi sesungguhnya, yang sedang bermain dua kaki bukan hanya PKS saja. Saya rasa Golkar juga menggunakan strategi yang sama untuk menggolkan kepentingan-kepentingan partai, dan tidak tertutup kemungkinan kepentingan ketua umumnya. Ngomong-ngomong, semenjak iklan ARB berkeliaran di televisi, saya pikir Golkar perlu sebutan baru “Partainya ARB” bukan partai yang sering berkoar suara rakyat suara golkar, suara golkar suara rakyat.

Berikut adalah isi UU tersebut. Ketika mata kita teralihkan ke BBM, saat itu kesempatan “bermain-main” menyusup. Semoga saja ada dari kalangan masyarakat atau lembaga swadaya yang berani menggugat pasal itu ke MK.

Pasal 9 UU APBNP 2013.

1. Untuk kelancaran upaya penanggulangan lumpur Sidoarjo, alokasi dana pada Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) tahun anggara 2013 dapat digunakan untuk:

a. Pelunasan pembayaran pembelian tanah dan bangunan di luar peta area terdampak pada tiga desa (Desa Besuki, Desa Kedung Cangkring dan Desa Pejarakan) dan sembilan rukun tetangga di tiga kelurahan (Kelurahan Siring, Jatirejo dan Mindi).

b. Bantuan kontrak rumah dan pembayaran pembelian tanah dan bangun di luar peta area terdampak lainnya pada 66 RT (Kelurahan Mindi, Gedang, Desa Pamotan, Kalitengah, Gempolsari, Glagaharum, Besuki, Wanut, Ketapang dan Kelurhan Porong).

2. Dalam rangka penyelamatan perekonomian dan kehidupan sosial kemasyarakatan di sekitar tanggul lumpur Sidoarjo, anggaran belanja yang dialokasikan pada BPLS tahun anggaran 2013 dapat digunakan untuk kegiatan mitigasi penanggulangan semburan lumpur, termasuk di dalamnya penanganan tanggul utama sampai ke Kali Porong (mengalirkan lumpur dari tanggul utama ke Kali Porong) dengan pagu anggaran paling tinggi sebesar Rp155 miliar.

One thought on “Apakah “Pasal Lapindo” Titipan Golkar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s