Siapkah Kita Memboikot Produk Amerika?


Ada orang-orang yang turun ke jalan dan koar-koar meminta masyarakat untuk berhenti mengkonsumsi produk Amerika Serikat alias memboikot apapun yang berasal dari Amerika Serikat. Akibat peristiwa beredarnya cuplikan film Innocence of Muslim yang menimbulkan gelombang kemarahan di seluruh dunia, beberapa ormas dan gerakan-gerakan sayap partai yang berasaskan Islam menyerukan untuk memboikot produk Amerika Serikat. Akan tetapi, tahukah kita bahwa produk Amerika Serikat bukan cuma makanan dan warung waralaba saja?

1. Kita tidak akan naik pesawat, karena sebagian besar pesawat yang ada saat ini dibuat oleh Boeing, di samping Airbus (Eropa). Katakan saja begini, hampir semua pesawat Lion Air adalah Boeing 737-900. Hampir semua pesawat Garuda adalah 737-800. Dan hampir semua maskapai Indonesia menggunakan Boeing. Maskapai besar dunia lain menggunakan pesawat Boeing dalam jumlah lebih banyak dari Airbus.

2. Kita tidak menggunakan HP, karena hampir semua satelit komunikasi adalah buatan Amerika dan diluncurkan dengan pesawat atau roket buatan Amerika. Mungkin kita harus menunggu Korea Utara atau Iran membangun peluncur roket seperti milik NASA untuk mengorbitkan satelit kita.

3. Kita tidak lagi menonton TV karena hampir semua satelit untuk TV buatan Amerika.

4. Kita tidak lagi menggunakan komputer karena prosessor komputer adalah Intel atau AMD yang semuanya perusahaan Amerika. Termasuk dengan piranti lunak sistem operasi yang kebanyakan di Indonesia memakai Windows. Lagipula tanpa disuruh memboikot, orang Indonesia juga banyak yang pakai bajakan. Emangnya mau pada pindah ke Open Source?

5. Kita tidak lagi makan tahu dan tempe karena di Indonesia saja hampir semua kedelai untuk tempe dan tahu diimpor dari Amerika.

6. Kita tidak lagi makan roti gandum karena gandum untuk roti di Indonesia diimpor dari Amerika. Mungkin masih bisa dengan mengimpor dari negara lain.

7. Kita tidak lagi menggunakan GPS karena satelit GPS dibuat Amerika, diluncurkan Amerika, dan dikontrol Amerika.

8. Kita jangan lagi membaca buku-buku terbitan Amerika, termasuk film-film Hollywood. Ingatkah kita kejadian waktu film Hollywood berhenti beredar sejenak beberapa tempo lalu? Mungkin kalau sekarang kita boikot, maka bioskop akan diisi komedi seks, hantu alay dan lebay, sama cerita-cerita cinta berbalut agama biar dibilang Islami misalnya.

9. Kita tidak menggunakan internet karena merupakan produk Amerika.

10. Dan masih banyak lagi.

Aneh, ketika bicara boikot produk Amerika yang diserang malah McDonald. Padahal karyawan McD adalah orang Indonesia, ayam dari Indonesia, sayurannya seperti kentang dibeli dari sawah-sawah di Indonesia. Sapi mungkin dari Australia. Dan untuk McD Indonesia, pemiliknya orang Indonesia.

Kita siap atau tidak memboikot produk Amerika Serikat?

enelan nich? ciyus? miapah?

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s