Apakah Fatwa-Fatwa Ini Patut Ditiru MUI?


1. Pada tahun 2000, Mufti Agung Arab Saudi Syaikh Ibnu Baz menegaskan bahwa bumi itu datar seperti piringan cakram dan bahwa matahari berputar di sekitarnya. Dia bersikeras bahwa gambar satelit yang bertentangan itu tidak lain hanyalah konspirasi Barat terhadap dunia Islam.

Sumber: Al-Ahram Weekly Issue 477, 13-19 April, 2000.

2. Sebuah Fatwa di Malaysia yang mengharamkan perempuan berpenampilan tomboy. Selain itu Majelis Fatwa Nasional telah mengeluarkan sebuah fatwa yang memerintahkan umat Islam Malaysia menghindari yoga karena akar Hindunya. Majelis Fatwa Nasioanal berpendapat bahwa yoga lebih dari sekedar kebugaran dan ketenangan pikiran karena elemen agama Hindu yang melekat di dalamnya. Saat mengumumkan fatwa tersebut, Ketua Majelis, Abdul Syukur Husin mengatakan praktek seperti bernyanyi ritual dan hal yang disebutnya sebagai berdoa adalah tidak tepat dan bisa merusak ajaran Islam.

Sumber: Situs The Malaysian Insider

3. Sheikh Muhammad Al-Munajid berfatwa haramnya film kartun Mickey Mouse dkk. Selain itu, Komite Tinggi Saudi Arabia untuk Riset Sains dan Hukum Islam menolak karakter kartun Jepang, Pokemon dan melarang video games serta kartu-kartunya sejak 2001. Mereka mengklaim bahwa pokemon mendorong perjudian dan jelas-jelas sebuah penyamaran dari tindakan zionis. Otoritas agama di United Emirat Arab ikut bergabung, mengutuk game-game yang mempromosikan evolusi, yang mereka sebut teori Darwin-Yahudi.

Saudi Cleric Says Mickey Mouse ‘Must Die’.

4. Menurut Forum Multaqa Ahlul hadits, Emoticon dilarang karena imitasi untuk makhluk Allah, apakah itu asli atau campuran. Karena gambar adalah wajah dan wajah adalah apa yang membuat gambar nyata maka emoticon yang mewakili wajah-wajah yang mengekspresikan emosi maka haram hukumnya. Selain itu, seorang wanita tidak harus menggunakan gambar-gambar ini ketika berbicara dengan seorang pria yang bukan mahram-nya, karena wajah-wajah yang digunakan untuk mengekspresikan perasaannya, sehingga seolah-olah dia tersenyum, tertawa, bertindak pemalu dan sebagainya, dan seorang wanita tidak harus melakukan itu dengan seorang pria non-mahram.

Jihadwatch

5. Butuh 36 halaman untuk menjelaskan sebuah fatwa yang melarang main bola. Argumen berpusat pada fakta bahwa permainan tersebut diciptakan oleh kafir. Fatwa ini didukung oleh hadis Nabi yang menyatakan: “Man tashabbaha biqawmen, fahuwa minhom. Yakni, barang siapa yang meniru suatu kaum, maka mereka menjadi bagian dari mereka”

“A Fatwa on Football”, The Guardian, Monday 31 October 2005.

6. Mullah lokal di pegunungan Pakistan telah melarang para ibu mendapat suntikan polio bagi anak-anaknya; mereka mengklaim suntikan itu adalah persekongkolan barat untuk mensterilisasi anak-anak muslim. Fatwa sebaliknya yang menentang fatwa tersebut datang dari sebuah kelompok Islam besar tapi tidak mampu mencegah fatwa dari mullah lokal tersebut. Nigeria juga memiliki pengalaman yang sama dengan mullah setempat. Hasilnya, bukannya mencegah penyebaran penyakit menular, tapi malah memperluas penyebaran penyakit ini ke 12 negara lain hanya dalam 18 bulan saja.

“POLIO ERADICATION: Looking for a Little Luck”, Roberts Science 6 February 2009

7. Fatwa larangan bertelanjang saat berhubungan intim. Dekan Hukum Islam di Universitas al-Azhar Kairo pada Januari 2007 berfatwa bahwa bagi pasangan yang sudah menikah, jika telanjang bulat selama melakukan hubungan seks akan membatalkan pernikahan.

SimplyDumb

8. Fatwa haram duduk di kursi dengan alasan; Pertama, nenek moyang kita tidak pernah memakai kursi. Kalau Kursi itu baik, Nabi tercinta kita akan memakainya.Kedua, kursi adalah ciptaan Barat. Menggunakan kursi dan kagum pada kursi mengesankan kekaguman pada penciptanya yang adalah dari Barat. Bagaimana bisa kita terkagum-kagum oleh orang barat kafir ketika mereka itu adalah musuh kita?Ketiga, penggunaan sebuah kursi atau sebuah sofa besar menyebabkan orang jadi relaks; jadi ketika seorang perempuan duduk di kursi, kakinya mengambil posisi yang membuat gairahnya terbangkitkan, dan ini akan menarik perhatian para lelaki atau para jin, untuk berhubungan seks dengannya. Dengan demikian, bagi seorang wanita utk duduk pada sebuah kursi, adalah persoalan yang jahat dan sama saja dengan melakukan perzinahan.

unislamic fatwa

9. Fatwa larangan memegang pisang dan timun bagi perempuan. Hal tersebut dikarenakan dapat mendorong gairah seksual perempuan.

AL ARABIYA NEWS PICKS THE MOST RIDICULOUS FATWAS OF 2011

Untuk nomor 10 ini tepatnya di Indonesia, yakni MUI daerah Banten yang mengeluarkan larangan bagi perempuan muslimah untuk menaiki ojek motor, karena dalam kondisi tersebut si perempuan berduaan dengan tukang ojek yang bukan mahramnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s